Facebook

Kamis, 17 Desember 2015

Unknown

Alwin Arifin Owner Pizza Hut dan Sri Boga Flour Mill

Nama Sriboga memang kalah populer dibanding Pizza Hut. Tapi tahukah Anda bahwa pemilik restoran pizza terbesar di Indonesia itu adalah Sriboga Raturaya (Sriboga). Pada Juli 2008, Sriboga mengakuisisi 66% saham Pizza Hut Indonesia yang dimiliki oleh PT Recapital Advisory (Recapital), perusahaan private equity. Dengan akuisisi itu, kepemilikan saham Sriboga menjadi 91%. Ya, sebelumnya Sriboga telah memiliki 25% saham perusahaan pelopor bisnis pizza itu. Sementara itu, 9% saham Pizza Hut dimiliki oleh beberapa individu.
Tak banyak yang tahu bahwa keluarga Bustanul Arifin adalah salah satu owner Pizza Hut. Keluarga mantan Menteri Koperasi rezim Orde Baru itu memegang 25% saham Pizza Hut melalui Sriboga. Sisanya, 75% saham Sriboga dikuasai oleh Recapital.

                                                                     Alwin Arifin
 
Menurut Alwin, alasan seretnya modal itulah yang harus melibatkan pihak ketiga. Maklumlah, waktu itu pihaknya butuh dana sangat besar dan Sriboga belum memiliki funding memadai. Pada 2004, Pizza Hut dilego senilai US$ 42 juta. Karena Recapital perusahaan investasi, setelah nilai investasinya meningkat, Pizza Hut dilepas lagi. “Dan siapa lagi yang paling dekat dengan Pizza Hut ini selain kami (Sriboga),” ucap Alwin.

                                                                      Alwin Arifin
                                                               
Perubahan kepemilikan ternyata tidak menambah masuknya orang Sriboga ke jajaran direksi Pizza Hut. Hanya satu orang Sriboga saja yang duduk di dewan direksi. Hingga kini Sriboga telah menghasilkan delapan jenis tepung terigu dengan kadar protein yang berbeda-beda. Ada tepung terigu dengan brand Tali Emas, Beruang Biru, Pita Merah, Tali Emas Special, Naga Emas, Naga Biru, Naga Merah, dan Naga Hijau. Produk itu dibeli oleh beberapa segmen pasar: ritel, korporat, dan UKM.
                                                                  Sri Boga Mill Stone


Unknown

About Unknown -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
25 Juli 2019 pukul 07.03 delete

mr alwin salah satu owner yg saat ini saya mencari rejeki di perusahaannya..semoga pak alwin bisa pacu motivasi saya untuk sukses

Reply
avatar